header-int

Goes To Singapura- Malaysia

Jumat, 19 Okt 2018, 10:09:12 WIB - 554 View
Share
Goes To Singapura- Malaysia

Dengan tujuan membangun kerja sama serta membahas isu kurikulum pendidikan karakter, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen mengadakan kunjungan ilmiah ke International Islamic University Malaysia (IIUM). Agenda pertemuan pagi itu adalah seminar internasional, Program study Ilmiah Antar Perguruan Tinggi Lintas Negara, serta Focus Group Discussion (FGD).

 Kunjungan yang berlangsung pada Senin (30/07/2018) di International Islamic University Malaysia (IIUM) dihadiri oleh Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen serta Organisasi Nahdlatul Ulama Cabang Istimewa Malaysia. Diskusi berlangsung menarik karena membahas tentang hal-ihwal dunia pendidikan baik setingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan atas, dan perguruan tinggi di Kuala Lumpur Malaysia.

Simpulan yang didapat pada akhir diskusi ialah, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Negara Indonesia berjalan lebih baik dibandingkan dengan pendidikan karakter Negara Malaysia. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya lembaga pendidikan pesantren yang mewarnai pola pendidikan di Indonesia. Menurutnya, pola pendidikan pesantren merupakan pola pendidikan sempurna dan bisa dijadikan sebagai contoh pelaksanaan kurikulum pendidikan karakter.

Pertemuan hari itu diakhiri dengan foto bersama di depan kampus International Islamic University Malaysia (IIUM) dan ramah tamah. Kunjungan ilmiah internasional kali ini diikuti oleh 40 mahasiswa dan dosen. Dua hari sebelumnya, mahasiswa pascasarjana IAINU Kebumen juga telah mengunjungi Negara Singapore untuk mengetahui kemajuan teknologi di Negara tetangga tersebut. Tujuan lain, tentu saja sebagai upaya me-refresh otak dan fikiran dari kepenatan aktivitas di depan layar dan buku.

(Siti Ngazizah)

Unidha
© 2024 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen Follow Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen : Facebook Twitter Linked Youtube